Sunday, November 28, 2010

PERINGATAN YANG KREATIF

Dalam iklan-iklan produk, kita sudah terbiasa dengan kata-kata magnetis yang terkadang cukup efektif membius pikiran dan akhirnya menguras dompet kita. Kata-kata itu memiliki daya hipnotis dan dibutuhkan kreatifitas tinggi untuk menyusunnya, sehingga harga kata-kata itu menjadi sangat mahal sesuai dengan daya yang dihasilkannya.

Suatu hal yang menarik di lingkungan sebuah perumahan di Sleman. Nampaknya penggunaan kata-kata berdaya magnetis sudah merambah dalam bidang keamanan lingkungan. Silakan anda baca tulisan pada foto di bawah ini.


Jika kita baca tulisan yang ada pada foto di atas, nampaknya kita akan biasa-biasa dan hanya menganggapnya angin lalu. Susunan kata-katanya sudah lazim digunakan, memang cukup untuk memperingatkan orang (pemulung, pengamen, pengemis, dan pencari sumbangan), tapi kurang nyeni dan kurang melekat. Bagaimana dengan foto di bawah ini?



Tulisan di atas sangat menarik, dengan pilihan cat yang tepat (entah sengaja atau tidak menggunakan warna merah) maka papan peringatan ini menjadi sangat mengerikan dan menimbulkan pengaruh kuat ke alam bawah sadar pembacanya sehingga secara tidak sadar pemulung akan takut untuk sekedar masuk apalagi mencuri.

Kreativitas tidak melulu hanya dibutuhkan dalam periklanan, hiburan, dan seni. Aspek keamanan lingkungan pun ternyata menuntut kreativitas agar menjadi lebih efektif dan ampuh.

Terima kasih untuk perhatian anda pada catatan ini.







No comments:

Post a Comment