Wednesday, February 27, 2013

Selamat Datang Mahasiswa Teknologi Hasil Hutan 2013

Welcome to Forest Product Technology!
Congratulation for each student who chose Forest Product Technology.  

Kalian telah memilih, tak peduli seberapa tingkat keyakinan kalian saat memilih minat Teknologi Hasil Hutan (THH). Beginilah realita di kampus ini, waktu kalian telah tiba untuk menentukan fokus kalian di kampus ini. Semua sudah dipikirkan baik-baik oleh dosen kita, lepas dari kekurangan-kekurangan yang masih ditemui dalam peminatan ini. Ada tujuan-tujuan yang ingin dicapai dengan melakukan peminatan, yang utamanya berkaitan dengan spesialisasi yang harus kita dapatkan selain dari ilmu-ilmu kehutanan secara umum.


Tidak ada minat atau bagian yang paling istimewa dibandingkan minat atau bagian yang lain. Barangkali pembeda yang terlihat paling mencolok adalah kuota mahasiswa yang diterima di setiap minat atau bagian. Memang minat Manajemen Hutan memiliki kuota yang paling besar dibandingkan dengan minat yang lainnya, selain itu peminat untuk minat juga lumayan besar. 

Untuk kalian yang diterima di THH, bersyukurlah bagi yang menjatuhkan pilihan pertamanya pada Teknologi Hasil Hutan (THH), sedangkan untuk yang tidak menjadikan THH sebagai pilihan pertama juga mohon bersyukur ya. Pasti inilah yang terbaik untuk kalian! Buat teman-teman yang diterima di minat yang lain (Manajemen Hutan, Silvikultur, dan Konservasi Sumber Daya Hutan) juga selamat ya!

Ada beberapa pesan dari saya yang sudah terlebih dahulu berada di minat ini (dulu masih berupa jurusan):

Pertama, tunjukkanlah kekompakan kalian sebagai mahasiswa yang bernaung di minat yang sama, namun jangan sampai menjurus ke fanatisme minat. Jangan lupa untuk saling membantu satu sama lain, ada banyak hal yang tidak bisa kita lakukan sendiri. Saling memotivasi juga penting, karena perkuliahan ataupun aktivitas di luar perkuliahan seringkali membuat kita down. Saling sharing jangan pernah dilalaikan, baik itu sharing makanan, ilmu, pengalaman, informasi (biasanya ini sering luput). Misal ada informasi dari dosen A tentang tawaran agar mahasiswa ikut serta dalam suatu kegiatan, karena si mahasiswa tidak sharing kepada yang lain akibatnya yang ikut kegiatan orangnya ya itu-itu saja.

Jangan lupa buat kegiatan-kegiatan yang bisa mengakrabkan sesama angkatan THH 2013 dan juga mengakrabkan kalian dengan angkatan-angkatan di atas kalian. Tidak mesti kegiatan yang serius-serius, bisa dengan jalan-jalan, olahraga, ataupun makan-makan. Saya yakin kalian sudah cukup kreatif untuk yang semacam ini.

Kedua, sering-sering main ke laboratorium. Di  laboratorium, biasanya banyak mahasiswa yang sedang penelitian. Buat kalian yang baru masuk THH, tidak dilarang kok untuk masuk la laboratorium (tentunya tetap mematuhi tata tertib dan norma kesantunan). Buatlah urat malu kalian agak sedikit konslet biar berani kenalan dengan mahasiswa yang ada di  laboratorium. Kakak-kakak kalian pasti akan menerima dengan senang hati kok :). Selain itu, masuk ke laboratorium sejak dini bisa memberikan gambaran kepada kalian tentang penelitian yang bisa kalian lakukan. Sehingga kalian bisa start lebih awal untuk memulai penelitian.

Ketiga, Aktiflah di Himpunan Mahasiswa Minat yang kita miliki bersama, FORESTECH. Di Forestech kita bisa belajar berorganisasi, mengenal satu sama lain, dan juga dapat membuat kita banyak berkomunikasi dengan dosen. Berikan warna yang berbeda bagi Forestech  agar bisa selalu lebih baik. Jadikan juga Forestech sebagai sarana pengembangan ilmu bagi mahasiswa THH dan mahasiswa lainnya (baik dalam maupun luar Fakultas Kehutanan). Seharusnya ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan Forestech dalam rangka pengembangan ilmu, yang mungkin belum sempat terpikirkan oleh dosen-dosen kita. Semoga dengan Forestech, kita bisa menunjukkan eksistensi THH.

Keempat, Seriuslah dalam mempelajari bidang-bidang ilmu yang ada di THH. Perbanyak membaca literatur, mengamati penelitian-penelitian yang ada, berdiskusi dan kunjungan ke lapangan (biasanya industri-industri hasil hutan, manfaatkan Forestech). Lalu bagikan apa yang didapat ke mahasiswa yang lain, juga kepada junior-junior yang belum masuk ke dalam minat. Jangan lupa, suburkan hobi menulis sebagai bentuk tanggung jawab intelektual kita. Belajar menulis akan sangat berguna baik untuk saat ini maupun di masa mendatang.
  
Terus terang agak terkejut juga dengan jumlah mahasiswa yang diterima di THH, 54 orang! Semoga jumlah ini bisa bertahan sampai semua sudah memakai toga ya :) aamiin. Apakah jumlah peminat yang melonjak dikarenakan Jokowi effect? no comment ya :D

Ini adalah daftar nama mahasiswa Fakultas Kehutanan angkatan 2011 yang diterima di THH 2013:
  1. DARU RAMADHAN
  2. WARITSA NUR FADILLAH
  3. I WAYAN MERTADANA
  4. ACHDIMAS PRIYO A
  5. CHIKO TAMTAMA
  6. DETI KUSUMA WARDHANI
  7. ADITYA SILVIA PUTRA
  8. FATAHILAH NURJATI
  9. I PUTU WIWIN NUARTA
  10. NOVITA
  11. ARRUM KHUSNUL QOTIMA
  12. GUMILANG TRISNADYA A
  13. IKHWAN SYAHRI
  14. PUTRI KARUNIA F
  15. FARIS WICHSKSONO
  16. MUHAMMAD FATHI KAWAKIBI
  17. GADIS MUTIARA N
  18. YUSUF SETIA DARMAWAN
  19. ARYA GULANG RAMADHAN
  20. MUH. FAJRI SAPTAJI 
  21. DWI FITRIANTO
  22. ALFIAN RASYID
  23. GELAR ABDI D
  24. MUHAMMAD RIZKI PW
  25. ANNISA PUTRI ARSANA
  26. IRHAS MAHARGYO W
  27. NURINA LESTARIA N.
  28. RAFAEL SATRIA H S
  29. ALNICO P S S
  30. SUPA
  31. M. REZA EKARIADI
  32. DAYU KEMALASARI S
  33. FIYAN TANGGUH P
  34. RANDU PINANDITO N
  35. WINANDA RAHMAN A
  36. ALI FIAN JONI N
  37. RIZKA AYU FARDANI
  38. ALVICKRI MAULANA
  39. GREITTA KUSUMA DEWI
  40. NOVITA KARTIKA P
  41. GITA DWI ANJAYANI
  42. MASENDRA
  43. ANINDYA HUSNUL HASNA
  44. ANANG TRI SUSILO
  45. HARDY RUSTAMAN
  46. ERLINA NURUL AINI 
  47. APRIAN RETNO K
  48. JANUAR MAHMUD
  49. ALMARATUSH S R
  50. NARESVARA NIRCELA P
  51. MUHAMMAD FADHLUL R
  52. INDRY SEPTIA W
  53. FEBE MARGARETA R M
  54. ADHITYA WISNU PRADHANA

2 comments:

  1. sharing makanan?? ._.a
    hehehe..makasih ya kakak buat postingan special for THH 2013nya ini *shy* semoga kita ber54 bisa ttep kompak sampe tua ntar

    mohon bantuannya, terutama yg sharing (makanan) itu, hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu penting banget lho,, makanya tak tebelin,, hhe

      aamiin..

      hmm,, gmna ya .. trgntung persediaan logistik ya,,, hhe

      Delete