Wednesday, January 8, 2014

Instal Microsoft Office Gratis untuk Mahasiswa UGM

Untuk para mahasiswa, perangkat Microsoft Office adalah salah satu software yang wajib dikuasai. Bagi mahasiswa yang memiliki komputer, tentunya juga wajib untuk menginstal software tersebut ke komputernya masing-masing. Namun sayangnya, untuk mendapatkan Microsoft Office yang asli kita harus mengeluarkan ongkos yang tidak sedikit (cek harga). Sehingga banyak yang memilih menggunakan software bajakan. Cukup dengan menyewa VCD installer yang berisi software bajakan kita sudah bisa menggunakan Microsoft Office yang mirip seperti aslinya.Walaupun sebenarnnya kita tahu hal tersebut adalah tindakan yang melanggar hukum.

Apakah nggak ada cara lain untuk mendapatkan Microsoft Office asli yang murah, bahkan yang GRATIS? Jika anda bertanya seperti itu, maka beruntung anda mau singgah di blog ini. Namun saya beritahu sejak awal, info ini diperuntukkan khusus untuk mahasiswa UGM! 


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa anda sudah memiliki email UGM. Untuk mendapatkan email UGM gampang kok. Tinggal datang saja ke kantor PSDI yang berlokasi di selatan Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri (PKKH atau eks gedung Purnabudaya). Jangan lupa bawa KTM anda!

Langkah kedua adalah kirim email ke psdi@ugm.ac.id. Pengiriman email wajib dilakukan menggunakan email ugm! Berikut formatnya:
Kolom Subject diisi dengan link office msca for student. Adapun pada kolom badan email diisi
nama lengkap :
NIM :
Fakultas :

Versi Office yang diinginkan: (Misal pilih salah satu, Office 2013 64 bit atau office 2013 32 bit atau Office 2010 32 bit atau Office 2010 64 bit)


Setelah pengiriman email dilakukan, anda akan mendapat balasan email berupa link untuk mengunduh file installer Microsoft Office lengkap dengan petunjuk instalasinya. Pada email yang dikirimkan kepada saya disebutkan bahwa file installer hanya bisa diunduh melalui jaringan lokal UGM. Jadi saya sarankan kepada anda untuk mengunduh file tersebut saat online di kampus UGM. Lakukanlah instalasi mandiri dengan mengikuti petunjuk yang sudah diberikan. Maka anda sudah bisa menggunakan Microsoft Office!

Langkah terakhir adalah aktivasi software tersebut. Caranya tinggal datang lagi ke PSDI dengan menunjukkan KTM. Maka petugas akan melakukan aktivasi  software. Maka anda sudah berhasil menginstal Microsoft Office asli di komputer anda. 

Saya sudah mencobanya lho! Adapun versi yang saya gunakan adalah Microsoft Office 2013 64 bit. Jika masih ada yang membingungkan silakan komen di sini atau via email: cipta.hairi@gmail.com.

Selamat mencoba!

Sumber: http://psdi.ugm.ac.id/kebijakan-tik

Buat anda yang mahasiswa UGM, juga wajib baca ini ya:

Jurnal Ilmiah Internasional Gratis, Mau?

Free Online Journal



1 comment:

  1. Metode sudah expired gan... :) cara terbaru bisa dilihat di http://layanan.dssdi.ugm.ac.id/tiket/

    NB: diharuskan login menggunakan email UGM untuk bisa melihat petunjuk instalasi

    ReplyDelete