Friday, September 13, 2013

Basarhut akan Merekrut 120 Orang Sarjana Kehutanan

Pada entri sebelumnya, saya pernah menulis tentang Basarhut yang merupakan singkatan dari Bakti Sarjana Kehutanan (baca: Sekilas Tentang Basarhut). Kali saya ingin sedikit memperbaharui informasi tersebut. Berita baiknya Permenhut tentang Basarhut kini sudah disahkan menjadi Permenhut Nomor P.30/Menhut-II/2013 tentang Bakti Sarjana Kehutanan dalam Pembangunan Kehutanan (download).

Berita baik lainnya DPR maupun Menteri Kehutanan telah setuju dengan inisiatif dari BP2SDMK tentang Basarhut. Sehingga ada alternatif untuk menampung lulusan jurusan kehutanan dari perguruan tinggi. Selain itu hal ini juga dapat menunjang kebutuhan akan SDM dalam rangka pembentukan KPH-KPH model. Namun juga ada berita yang kurang baik terkait penyelenggaraan Basarhut. Walaupun telah disetujui oleh DPR maupun Menteri Kehutanan, program Basarhut tidak mendapatkan sokongan dana. Oleh karena itu Kepala BP2SDMK Tachrir Fathoni mengatakan bahwa BP2SDMK akan mengalokasikan sebagian anggarannya pada 2014 untuk program Basarhut. Namun sarjana kehutanan yang bisa direkrut untuk program ini tidak sebanyak yang diharapkan sebelumnya.

Nantinya, sarjana kehutanan akan ditempatkan di 60 KPH model yang akan dibentuk dengan masing-masing hanya 2 orang per KPH model. Sehingga total sarjana kehutanan yang akan direkrut adalah 120 orang. Masa pengabdian untuk program Basarhut adalah 2 tahun.

Informasi singkat ini disampaikan langsung oleh Kepala BP2SDMK Tachrir Fathoni pada Seminar Nasional "Reformasi Pendidikan Kehutanan menuju Profesionalisme Rimbawan" yang berlangsung hari ini (13/9/2013).

No comments:

Post a Comment