Thursday, March 8, 2012

Mengukir Jejak Setiap Saat

Suara rintik hujan mengiringi suara tuts keyboard untuk menulis tulisan ini. Kawan-kawan, nampaknya saya terlalu lama meninggalkan blog ini. Padahal banyak sekali peristiwa yang saya lewati dalam 1 bulan terakhir ini. Memori tentang peristiwa-peristiwa itu sepertinya sudah banyak yang tercecer akibat tidak segera dituliskan. Mungkin ada baiknya sedikit saya ceritakan beberapa peristiwa yang saya lewati.



11 Februari 2012
Mancing Keluarga
Ini pertama kalinya memancing ikan di dalam kolam pemancingan. Acara "Mancing Keluarga" diadakan oleh sahabat-sahabat minat Teknologi Hasil Hutan (THH) angkatan 2009 dan 2010. Lumayan, bisa dapat 3 ikan 1 ikan yang cukup besar lepas, 1 ikan kecil dilepaskan, dan hanya 1 yang benar-benar dimasak. Biasanya saat di Kalimantan, saya dan bapak memancing di sungai dan rapak. Terus terang saya tidak terlalu suka memancing, tapi jika sudah diminta sama bapak saya akan mengiyakan untuk menemani beliau memancing. Tapi terus terang juga, yang namanya "boleh jukut" (dapat ikan) itu merupakan sebuah kepuasan tersendiri, barangkali hal ini yang membuat bapak sangat senang memancing dan ditularkan juga ke Ilmi (adek saya yang paling bungsu).



12 Februari 2012
Jogja Air Show-Pantai Depok
Pendaratan gantole
pemecahan rekor MURI
 Unyil lagi syuting
Melihat parasut, paramotor, gantole, aero modeling, bumerang, dan benda terbang lainnya di pantai merupakan keasyikan tersendiri. Sebelum berkutat  dengan perkuliahan, saya dan Agung menyempatkan diri untuk menyaksikan Jogja Air Show di Pantai Depok Yogyakarta. Dalam even ini saya cukup banyak mengambil gambar. Di sana juga saya bisa melihat Unyil yang sedang syuting, kasihan sekali unyil dan kawannya (entah namanya siapa) yang harus dimasukkan ke dalam ransel ketika selesai pengambilan gambar.

Hal yang kurang menyenangkan saat mengikuti even ini adalah panas yang sangat terik, maklum di pantai.


13 Februari 2012
Reuni bersama empat sahabat lama (teman SMP): Cholis, Rifai, Yudi, dan Rizka. Acara santai ini diprakarsai oleh Kaik (kakek) Rifai yang jauh-jauh datang dari Semarang. Memang aneh, saya, Yudi, Rizka, dan Cholis sama-sama kuliah di UGM, tapi sangat jaranga bertemu. Sehingga yang terjadi adalah keheranan ketika melihat perubahan masing-masing. Pertemuan ini berlangsung di angkringan Tugu. Nostalgia mengingat masa-masa SMP dahulu, mengenang Jembatan Kutai Kartanegara, mengenang guru-guru, dan saling bercerita tentang target ke depan dan capaian yang sudah diperoleh.


14 Februari 2012
Upgrading Pengurus Harian LEM Fakultas Kehutanan UGM-Wisma Al Kindi Kaliurang
Ok kawan-kawan, sekarang saya memang bergabung di dalam Lembaga Eksekutif Mahasiswa. Amanah saya di sini adalah sebagai "pembantu umum" di departemen Kajian Strategis. Nama departemen ini nampaknya sudah akan membuat dahi anda berkerut, namun saya berharap kiprah saya di departemen ini bisa lebih optimal dibanding ketika sempat menjadi salah satu pimpinan Dewan Perwakilan Mahasiswa. 


Dalam upgrading ini, kami bisa lebih kenal satu sama lain. Meskipun kebanyakan pengurus harian seangkatan dengan saya, saya sebelumnya tidak begitu akrab dengan mereka. Namun dengan upgrading saya berharap bisa lebih akrab dengan mereka, ya menambah kawan lagi. Semoga kita bisa jadi tim yang solid: Yudha, Herlambang, Jodhi, Dana, Rizky, Zakky, Arum, Fonda, Yuslina, Ima, Ines, Righan, Mandra, Dayu, dan Gesang.


Ada pula sharing dari kawan-kawan pengurus harian yang sebelumnya (Mas Eko dan Mas Singgih) dan dilanjutkan sharing yang tak kalah luar biasa dari Mas Anton (Ketua LEM FKT tahun 2009). Upgrading ini dilanjutkan dengan presentasi dan pembahasan program kerja kami setahun ke depan. 


Saya mohon maaf kepada pihak-pihak yang kurang berkenan ketika saya memutuskan menerima amanah ini. Saya tidak bermaksud berbohong, tetapi saya memang tidak kepikiran akan ditawari untuk mengisi salah satu departemen di LEM Fakultas Kehutanan.


Kini saya sudah punya teman-teman staf yang menyenangkan dan berkomitmen: Arif Dharma, Tomo, Sinom, Agung, Nawang, dan Youland, kehutanan butuh kalian! :)


20 Februari 2012
Kuliah
Ini adalah hari pertama kuliah :). Diawali dengan kuliah yang dosen yang tidak sadar bahwa kuliahnya dimulai pukul 7.10 (beliau mengira kuliahnya dimulai pukul 09.00). Kuliah yang saya suka pada semester ini adalah Kebijakan Kehutanan yang dosennya Pak Maryudi dan Pak Dwiko, dosen yang mengajar dengan gaya Eropa :) namun entah bagaimana urusan penilaian nantinya. Doakan saya kawan-kawan.




24 Februari 2012
Makrab THH, Muktamar JIMMKI IV
Calon Pemimpin
Di waktu inilah kebingungan saya menjadi-jadi. Di kala berbagai agenda saling menumpuk. Ada Muktamar JIMMKI (Jaringan Intelektual Mahasiswa Muslim Kehutanan Indonesia) IV dan juga makrab bagian Teknologi Hasil Hutan. Maafkan saya ya teman-teman karena tidak bisa optimal di dua kegiatan tersebut.

Pagi hari saya menghadiri training yang dibawakan oleh Fatan Fantastik dalam rangkaian acara Muktamar JIMMKI. Sudah sering sekali saya mengikuti acara yang menghadirkan beliau, tapi tetap saja selalu dapat pengetahuan baru dari beliau. 



Malamnya saya berangkat ke tempat makrab dan disambut dengan acara kompetisi masak-memasak. Dalam acara ini, saya juga kembali bernostalgia tentang makrab pada 2,5 tahun yang lalu. Sekarang sudah banyak perubahan dan ada juga yang sudah tidak bersama kami lagi [Candra, Wahyu,  Bachtiar (alm), dan Faiz].


Sekian dulu saja, saya sudah sangat mengantuk untuk melanjutkan tulisan ini. Hujan di luar sudah berhenti, semoga saja air yang tadi tumpah ke muka bumi memberi banyak manfaat bagi kehidupan kita. Aamin. (catrim)



No comments:

Post a Comment