Monday, April 15, 2013

Mari Ber-UN Ria

Hari ini  adalah hari Senin tanggal 15 April 2013. Bagi beberapa orang barangkali hari ini sama saja seperti hari-hari Senin yang lain. Tetapi tidak bagi sebagian besar siswa kelas 12 SMA sederajat yang hari ini akan mengikuti Ujian Nasional (UN). Iya, hanya sebagian besar, sebagian lainnya belum kebagian soal. UN di 11 provinsi memang akan tertunda, termasuk di antaranya adalah Kalimantan Timur.

Saya cukup bahagia karena telah melaksanakan UN 4 tahun yang lalu dan Alhamdulillah hasilnya tidak begitu buruk bahkan bisa dikatakan cukup bagus. Di dalam proses pengerjaan pun, saya tidak mengandalkan trik-trik yang tidak pantas. Hanya ada beberapa soal yang didapatkan dari jawaban orang lain dan juga jawaban yang saya bagi kepada orang lain. Sedangkan setelah lembar jawaban dibawa ke luar ruang ujian, kami sudah tak tahu diapakan lembar jawaban itu. Semoga saja tidak ada yang mengotak-atik isi lembar jawabannya.


Teringat dulu, kode soal hanya ada 2. Tidak seperti saat ini yang jumlahnya mencapai 20 buah kode soal! Jumlah yang fantastis, bagaimana ya jika hal ini dilaporkan ke MURI atau Guinness Book World of Record. Saya yakin "pencapaian" Kemendikbud kali ini akan dapat memecahkan rekor sebagai "soal dengan kode terbanyak."

Tak banyak yang bisa saya sampaikan kepada teman-teman yang akan mengikuti UN. Semoga kalian berhasil melewati salah satu ujian kalian. Jangan takut! kalian pasti bisa melewatinya. Berusaha dan berdoa adalah yang terpenting! UN hanyalah salah satu tahapan kehidupan yang harus kalian lalui. Semoga hasil yang kalian dapatkan adalah hasil yang terbaik untuk kalian. (catrim)

gambar pinjam dari: http://dirgabsc.blogspot.com/2013/01/standar-nilai-un-sma-2013.html

No comments:

Post a Comment