Tuesday, January 3, 2012

To do List 2012

Memasuki tahun 2012, saya melaluinya tanpa harus meniup terompet, menyalakan petasan, bakar jagung, nonton kembang api, atau menuh-menuhin jalan. Biarlah waktu terus berjalan, 2012 akan datang tanpa perlu saya rayakan.


Berbicara soal resolusi, nampaknya menjadi hal yang penting untuk kita rencanakan. Ketika ada sebuah resolusi, kita mempunyai arah yang jelas untuk setahun ke depan. Dalam posting ini barangkali saya tidak berbicara tentang resolusi, hanya kegiatan apa saja (to do list) yang HARUS saya laksanakan setahun ke depan. Semoga sahabat Catatan-Rimbawan mau ikut mendoakan.


1. Mengajukan judul penelitian skripsi

Urusan menentukan judul skripsi memang gampang-gampang susah. Gampangnya, kita punya banyak sekali sumber inspirasi yang bisa dijadikan penelitian. Susahnya, perkara memilih dosen dan minat terhadap bidang yang diteliti harus dipertimbangkan dengan matang.

2. Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Mempawah, Kalimantan Barat
Untuk urusan KKN, saya sudah mempunyai kelompok KKN yang kebetulan koordinatornya teman SMP saya, Yudi. Wilayah Mempawah sendiri berada di dekat pantai, jadi kalau ada yang bilang saya seperti pulang kampung, tentu saja pendapat yang salah. Rumah saya dan Mempawah masih jauh, bahkan bisa dikatakan dari ujung ke ujung Kalimantan. Kebetulan kelompok kami masih kekurangan teman-teman dari Teknologi Pertanian, jadi jika ada yang mau bergabung silakan hubungan saya.

3. Mengajukan proposal penelitian skripsi
Setelah KKN selesai, sudah saatnya mulai menyusun proposal skripsi, tentunya ketika judul sudah di-ACC. 

4. Memulai usaha produk hasil hutan
Saya bukan orang yang ahli dalam berwirausaha, satu-satunya yang pernah berhasil adalah saat saya menginjak kelas 4 SD. Saya menjual komik mini, ukuran A5 seharga Rp 100. Hanya dengan menuangkan ide-ide dan sedikit keterampilan menggambar. Tapi usaha itu tidak saya lanjutkan sampai sekarang karena berbagai macam pertimbangan.

Saat ini, saya memiliki tanggung jawab sebagai orang yang terdidik untuk mencoba jalur wirausaha. Jalur wirausaha bisa sangat membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran. Permasalahannya adalah usaha apa yang bisa saya jalankan? Sudah ada beberapa ide, namun masih perlu dikembangkan. 
Contoh: Produk Interior mewah dari bahan-bahan limbah; kertas seni.

5. Menulis buku
Sedikit terlambat memang, di Jogja sangat banyak penerbit buku. Sehingga sangatlah rugi jika kita tak pernah mencoba untuk menulis buku. Barangkali ini juga tanggung jawab saya sebagai orang yang terdidik untuk berbagi pengetahuan kepada banyak orang. Selain itu saya juga mempunyai misi-misi penyelamatan lingkungan di dalamnya. Tema yang akan saya angkat adalah mengenai kehutanan dengan segmentasi pelajar dan mahasiswa

6. Memikirkan profesi setelah lulus nanti
Perkara memikirkan profesi sebenarnya juga terlambat. Tetapi lebih baik daripada tidak sama sekali. Sampai saat ini saya masih dibingungkan oleh banyak pilihan, ingin menjalani hidup sebagai dosen, karyawan swasta, atau wirausaha. 

7. Menulis minimal 12 artikel opini untuk media massa
Saya sudah pernah 1 kali menulis artikel opini di media massa, yaitu di Kedaulatan Rakyat. Sayangnya saya belum beruntung, tapi saya berharap bisa menulis lagi. Sekali lagi, ini merupakan tanggung jawab saya sebagai orang yang terdidik. 

8. Menulis minimal 50 post di www.catatan-rimbawan.co.cc
Untuk blog, saya belum bisa dikatakan produktif, tahun 2010 saya berhasil menyelesaikan 27 post dan tahun 2011 sebanyak 36 post. Saya mencoba menaikkan sedikit menjadi 50 post, jadi kalau dihitung-hitung, minimal saya menulis 4-5 post per bulan untuk tahun ini. 

9. Dakwah lewat Gerakan Mahasiswa (Gema) Pembebasan
Saya ingin mengakhiri karir berorganisasi di fakultas. Sudah 2,5 tahun saya berkecimpung di dalam fakultas, sudah saatnya saya sedikit menengok ke luar. 

Itulah to do list yang ingin saya laksanakan. Masih terlalu simpel, namun saya harap semuanya bisa terlaksana. Saya berharap sahabat Catatan Rimbawan mau mendoakan saya untuk melaksanakan semuanya dengan baik. Saya sarankan sahabat semua yang belum membuat resolusi atau to do list untuk tahun 2012 ini, AYO segera dibuat ya! (catrim)

2 comments:

  1. keren to do listnyaaa... aku juga pingin buat.. tapi masih belum punya proker sama sekali.. nggak ada bayangan :(

    ReplyDelete
  2. kok bingung,, tulis aja apa yang lagi dipikirin skrg,
    jangn lupa kumpulin prokernya scpatnya,hhe

    ReplyDelete