Thursday, February 18, 2010

About Buku

Toko buku.. Tempat favoritku buat melarikan diri untuk sementara waktu dari masalah-masalah yang selalu datang. Eiits.. Jangan salah paham dulu, bukan berarti aku mau ngehindarin masalah. Ini cuma buat nge-refresh lagi pikiran yang dah kalut biar gak stres dan gak perlu nemenin “mantan calon” legislatif Pemilu 2009 kemaren yang sekarang lagi nyantai-nyantai di Rumah Sakit Jiwa. Ngomong-ngomong soal toko buku, aku punya toko favorit, namanya Togamas. Awalnya aku gak sadar kalau nama toko ini (Togamas) adalah nama seragam para sarjana saat wisuda (toga), cuma ditambahin mas. Berarti kalau di-translate ke bahasa “sehari-hariku” jadinya Golden Toga dong?? (ngaco) Ada yang menarik dari toko buku ini, mungkin kalian juga bakal tertarik book shopping di sini. Yang menarik di sini harga bukunya lebih miring dibandingkan harga buku di toko-toko buku besar lainnya. Contohnya harga buku best seller international yang berjudul “Outliers” yang ditulis oleh Malcolm Gladwell, di toko buku Gramedia harganya Rp 60.000,00, sedangkan di toko buku Togamas berharga Rp 48.000,00, karena udah di-diskon sebesar 20%. Tokonya juga gak kalah gede ama Gramedia, penataannya bukunya juga baik, biasanya ada buku yang telah dibuka pembungkus plastiknya (sehingga memudahkan kita untuk mengecek isinya), ada kolam ikan yang menyejukkan suasana, dan buku yang telah dibeli akan diberi dan dipasangin sampul tanpa dipungut biaya tambahan. Kekurangannya, database bukunya kurang tertata dengan baik, sehingga agak kesulitan jika mencari buku melalui komputer yang disediakan dan letak buku sering berubah-ubah. Selain itu suasana di sana cukup panas karena tidak menggunakan AC tapi syukur atapnya agak tinggi. Bagi temen-temen yang Jogja dan sekitarnya, aku rekomendasiin toko buku ini.

Terus.. aku ngapain aja di sana? Aku biasanya pergi ama salah seorang temen baikku yang berasal dari Bekasi, namanya Agung. Sesampainya di sana kami biasanya ke tumpukan buku-buku best seller, kalau gak ada menarik aku ke tempat tumpukan buku-buku “Benny and Mice”. Jangan salah kira, ini buku ini asli buatan Indonesia. Benny and Mice adalah judul dari komik strip terbit di harian Kompas tiap hari Ahad yang digambar oleh Benny Rachmadi yang dilahirkan di Samarinda dan Muhammad Misrad. Komik-komik strip itu dikemas dalam beberapa buku, unsur humornya masih tetap segar, walaupun isu yang diketengahkan dalam komik-komik itu telah cukup lama berlalu. Dan hebatnya aku belum pernah 1 kali pun membeli bukunya..hehe. Ini salah satu komiknya yang diterbitkan di Kompas:


Dua hari yang lalu aku membeli sebuah buku berjudul “Tipping Point” yang ditulis oleh Malcolm Gladwell, buku ini udah cukup lama namun isinya berisi banget (??). Fakta dan sumber yang dia tulis bener-bener yang meyakinkan. Pada inti buku ini menjelaskan bagaimana hal-hal kecil berhasil membuat perubahan besar. Ini gambar cover-nya:



Berita duka.. Desain kaosku gak terpilih jadi 10 desain terbaik dalam Lomba Desain Kaos yang diadain KMMH (Keluarga Mahasiswa Manajemen Hutan). Emang sih aku akui desainku ngasal banget. Sayang desain yang ku bikin datanya udah ke apus jadi gak bisa ditunjukin di sini. Tapi ini salah satu elemen yang aku masukin ke desainnya:
Oia.. Hampir lupa.. Toko Buku Togamas lagi ngadain diskon, 30% untuk semua buku mulai tanggal 15-21 Februari 2010 .

No comments:

Post a Comment