Tuesday, October 30, 2012

Bertemu Guru SMKN 1 Bontang

Aku yang eksis saat ini merupakan bentukan dari pengalaman-pengalaman di masa yang lalu. Aku yang eksis di masa yang akan datang tak akan pernah lepas dari pengalaman yang aku dapat saat ini

Saat ini aku sedang menjalani profesi sebagai mahasiswa. Mahasiswa di sebuah universitas, yang kata orang adalah universitas tertua di Indonesia. Di universitas ini aku ditempa untuk menjadi insan yang berguna nantinya (dan tentu juga saat ini). Namun aku yang saat ini tak bisa aku lepaskan dari pendidikan yang aku dapatkan sebelumnya. Ya.. aku pernah menjadi siswa di salah satu sekolah negeri di Kota Bontang, Kalimantan Timur. Sekolah itu adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Bontang atau terkenal juga dengan sebutan STM Kimia.

Pagi ini aku mendapat kabar tentang adanya olimpiade SMK yang berlangsung di Fakultas MIPA UGM dan dikabarkan SMKN 1 Bontang juga menjadi salah satu peserta. Semacam ada perasaan gembira, karena bisa bertemu dengan guru-guru dan siswa SMKN 1 Bontang.


Alhamdulillah Allah tadi siang bisa bertemu dengan Bu Zakiah dan Bu Ayu. Mereka sedang mendampingi siswa untuk lomba kimia terapan dan matematika teknologi. Bu Zakiah memang salah satu guruku yang mengajar mata pelajaran khusus untuk jurusan Kimia Industri dan Analis Kimia, sedangkan Bu Ayu adalah guru mata pelajaran matematika. Dari sekian banyak SMK di Kaltim, Alhamdulillah SMKN 1 Bontang bisa ikut mewakili Kaltim. 

Dalam olimpiade ini, ada 2 orang siswa yang mewakili SMKN 1 Bontang. Umi mengikuti lomba untuk Kimia terapan, sedangkan Rahmat mengikuti lomba untuk matematika teknologi. Semoga perjalanan jauh merea berbuah manis dan bisa membanggakan Kaltim dengan menjuarai Olimpiade ini.

Selain bertemu dengan guru dan siswa SMKN 1 Bontang yang ikut olimpiade. Aku juga bisa bertemu mantan siswa SMKN 1 Bontang yang melanjutkan kuliah di Jogja. Baru tersadar bahwa aku harus ingat tidak hanya aku mantan siswa SMKN 1 Bontang yang menuntut ilmu di Jogja. 

Satu hal yang ingin aku pesankan kepada rekan-rekan semua. Tanpa guru kita bukanlah apa-apa. Mereka lah yang memberi kita obor untuk melalui jalan yang gelap. Jangan pernah melupakan jasa-jasa mereka. Hormati mereka dan buat mereka bangga karena telah mendidikmu.

Mereka lah yang membuat kita eksis seperti saat ini. Mereka juga telah menjadi komponen yang menentukan apa yang kita dapat sekarang ini. (cat-rim)


No comments:

Post a Comment