Wednesday, January 2, 2013

Ceritakan Ceritamu

This evening, I read a blog that is written by one of Faculty of Forestry's student. I realized that blog writer is more honest than novel writers. Why? Because she is writing to tell people about her story. Otherwise, novel writers are writing to entertain their readers so they need to make story, not to tell story.

Ya.. blog yang ditulis oleh Opphii Kartika Wiyanadinata sangat menginspirasi bagi kita tentang makna sebuah perjalanan (Journey). Cerita yang disuguhkannya sungguh telah membuat saya iri. Sebagai seorang wanita, dia cukup kuat untuk menaklukkan puncak-puncak gunung di pulau Jawa. Ya.. jika dibandingkan dengan saya, saya baru berhasil mendaki satu puncak, Merapi. Sedangkan dia, saya yakin jumlah jari di satu tangan sudah terlewati (lebih dari 5 kali). Perhaps if I agree to hike with Arif Dharma and Rizky, saya bisa menambah 1 daftar puncak yang berhasil didaki, Merbabu. 

Siapapun anda, pastilah punya cerita yang layak untuk kami ketahui. Don't be afraid to tell your story. Tidak ada yang tahu jika suatu saat ceritamu bisa menginspirasi dan iri (dalam arti positif) sehingga bisa menggiring rekan-rekanmu ke jalan yang baik. Ceritakanlah dengan gayamu sendiri. Contohnya saya, saya memulai menulis blog karena terinspirasi oleh salah seorang kawan (Nugraha Adi Putra) yang sekarang ini sudah 'menelorkan' buku pertamanya yang berjudul "Curcol Si Rantau Kacau".

Kamu khawatir tulisanmu dianggap tidak berkualitas? Hehe .. Tenang saja, kita semua memulai sesuatu dari nol (0), tergantung kita saja, mau terus meng-upgrade diri atau cukup puas dengan keadaan saat ini. Saya pernah bertanya kepada salah satu bloger mengenai rahasianya agar bisa menulis blog dengan baik. Jawabannya adalah kualitas akan mengikuti kuantitas. So, banyak-banyaklah menulis, lambat laun akan ada perubahan yang berarti pada tulisan anda, percayalah kawan.

Tidak punya waktu? Hey bro and sis... Kita semua sama-sama punya waktu 24 jam, tinggal seperti apa kita memanfaatkan waktu yang kita miliki.

Sulit mencari inspirasi? Tenang aja... Banyak hal yang berada di sekitar kita dapat menjadi sumber inspirasi. Baik itu dari lingkungan kita, pelajaran di sekolah atau di kampus, dari buku, keliling-keliling kota serta dari blog rekan lain (maka dari itu rajin-rajinlah blogwalking), atau dari keseharian kita. Semua itu adalah sumber inspirasi yang tak terhingga. 

Barangkali hal yang tersulit saat menulis blog adalah komitmen. Banyak blog yang kandas ditinggal para pemiliknya. Pemiliknya hanya memiliki spirit ketika waktu awal-awal menulis blog saja. Lambat laun, kita akan lupa bahwa kita punya blog yang menunggu untuk di-update!
Sekian saja entri singkat ini. 

Semoga bisa memberikan pencerahan bagi yang galau untuk mulai menulis blog.

1 comment: