Friday, December 14, 2012

Memupuk Kepedulian Lingkungan Sejak Dini

Hairi Cipta

BELAKANGAN ini, isu-isu mengenai lingkungan hidup semakin bergema. Lingkungan hidup tengah berada di bawah ancaman. 

Peningkatan jumlah penduduk yang sampai saat ini sudah mencapai tujuh miliar, polusi yang menjadi-jadi, permasalahan sampah dan limbah yang tak kunjung usai, serta musim yang tak menentu, telah menjadi isu lingkungan hidup yang semakin santer terdengar belakangan ini.

Hal ini membuat banyak pihak tergerak melakukan sebuah aksi nyata agar kondisi lingkungan hidup tak rusak. Berbagai macam bentuk aksi dilakukan, satu diantaranya adalah melalui pendidikan. 

Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (LEM FKT UGM) melalui Departemen Sosial Masyarakat menginisiasi sebuah kegiatan tahunan yang bertajuk Pendidikan Lingkungan.



LEM FKT UGM menjaring 5 SMA/SMK di DIY mengikuti pendidikan lingkungan yang dilakukan di Kebun Buah Mangunan dan Desa Sukunan pada 16-18 November 2012. Tema kegiatan ini adalah "Learn Environment Now for The Great Future". Alasan dipilihnya SMA/SMK adalah agar muncul kepedulian terhadap lingkungan sejak usia sekolah.

Sekolah yang mengikuti Pendidikan Lingkungan ini adalah SMAN 1 Jetis, SMAN 1 Seyegan, SMAN 1 Gamping, dan SMKN 1 Pleret. Setiap sekolah mengirim sejumlah siswa untuk menjadi wakil sekolah masing-masing.

Rangkaian acara antara lain presentasi esai tentang lingkungan oleh masing- masing sekolah, menanam bibit pohon, outbound, pemaparan materi tentang lingkungan, serta pentas seni yang dilaksanakan di Kebun Buah Mangunan dan acara diakhiri dengan kunjungan ke Desa Sukunan(Desa Wisata Lingkungan).

Sebelum pelaksanaan Pendidikan Lingkungan, panitia sudah melakukan sosialisasi diikuti pembagian bibit dan penanaman di sekolah-sekolah tersebut. Sosialisasi tersebut juga menginformasikan mengenai adanya lomba untuk kategori sekolah bersih dan kategori esai tentang lingkungan. Pada akhir acara diumumkan bahwa pemenang untuk kedua kategori ini adalah SMAN 1 Seyegan.

Harapan untuk lingkungan hidup yang baik masih ada. Asalkan masih ada orang-orang yang mau berkontribusi untuk lingkungan hidup. LEM FKT UGM berharap, kegiatan Pendidikan Lingkungan ini bisa melahirkan pemuda pemudi yang memiliki semangat dan kreativitas untuk kelestarian lingkungan hidup, minimal di sekolah dan lingkungan rumahnya masing-masing.



Tulisan ini juga bisa diakses di: http://jogja.tribunnews.com/2012/12/01/memupuk-kepedulian-lingkungan-sejak-dini/

No comments:

Post a Comment