Saturday, December 22, 2012

Pundak Raksasa

"Stand on the shoulders of giants" Berdiri di atas pundak raksasa

Ungkapan di atas bisa kita temukan jika membuka website http://scholar.google.com/ (Google Cendikia). Pada website tersebut, kita bisa menemukan referensi-referensi yang dapat mendukung tulisan ilmiah yang kita buat ataupun sekedar ingin mencari informasi-informasi ilmiah. Bagi mahasiswa, nampaknya wajib hukumnya untuk mencoba browsing dengan fasilitas dari Google ini.

Lalu mengapa ungkapan ini dicantumkan di halaman pembuka Google Cendikia? 

Makna dari ungkapan tersebut adalah menggunakan pemahaman yang telah diperoleh oleh pemikir besar pada masa-masa terdahulu dengan tujuan untuk membuat kemajuan intelektual. Ungkapan ini pernah digunakan oleh Isaac Newton saat menulis surat untuk Robert Hooke pada tahun 1676:
"What Descartes did was a good step. You have added much several ways, and especially in taking the colours of thin plates into philosophical consideration. If I have seen a little further it is by standing on the shoulders of Giants."

Namun ternyata bukan Newton yang pertama kali menggunakan ungkapan tersebut. Pada abad ke-12, John of Salisbury telah menggunakan ungkapan yang hampir mirip:
Bernard of Chartres used to say that we are like dwarfs on the shoulders of giants, so that we can see more than they, and things at a greater distance, not by virtue of any sharpness of sight on our part, or any physical distinction, but because we are carried high and raised up by their giant size.
(Dicebat Bernardus Carnotensis nos esse quasi nanos, gigantium humeris insidentes, ut possimus plura eis et remotiora videre, non utique proprii visus acumine, aut eminentia corporis, sed quia in altum subvenimur et extollimur magnitudine gigantea.)
Inilah salah satu hal yang menjadi acuan bagi mahasiswa. Mahasiswa bisa berpikir seperti pemikir atau ilmuwan besar terdahulu dengan mencoba menelusuri karya yang telah dihasilkan oleh pemikir atau ilmuwan besar. Google cukup paham dengan kebutuhan mahasiswa, mereka ingin dwarf-drawf (salah satunya mahasiswa) bisa berdiri di pundak raksasa. Dengan begitu, kemajuan intelektual bisa cepat tercapai. Semoga (catrim)

No comments:

Post a Comment