Wednesday, December 19, 2012

Setyono-isme


Tak pernah ada yang tahu sampai di mana umur kita di dunia. Muda tak menjamin bisa mati belakangan, yang tua pun belum tentu mati lebih dulu. Pada tanggal 9 November 2012 lalu, Universitas Gadjah Mada, terutama Fakultas Kehutanan, telah kehilangan satu lagi dosen senior yang telah mengabdi sekian lama untuk almamaternya. Beliau adalah Dr. Ir. Setyono Sastrosoemarto (alm).

Tentu saja, banyak yang merasa kehilangan sosok beliau, termasuk di antaranya Pak Agus Setyarso (Dewan Kehutanan Nasional). Dalam mailing list  (milis) FOREST_GAM, ada hal menarik yang secara rutin dikirimkan oleh Pak Agus Setyarso. Beliau memberi judul "Setyono-isme". Isinya mengenai quote-quote dari Dr. Ir. Setyono Sastrosoemarto (alm). Tak jarang Pak Agus juga menambahkan pemaknaan atas quote tersebut. Sampai saat ini, Pak Agus sudah mengirim 7 Setyono-isme. Semoga terus bertambah lagi.


Berikut ini saya sajikan 7 Setyono-isme yang ditulis oleh Pak Agus Setyarso:

Setyono-isme (1)
"Your lifetime mission is to contribute every good thing of yours to others"

Setyono-isme (2)
"Tidak ada masalah apapun yg tidak dapat diselesaikan. Ikuti sikap maximizing atau minimizing under constraints"

Setyono-isme (3)
Jadikan cita-citamu setinggi bintang, tetapi jangan jadikan langit sebagai batasnya. "do not set the sky as the limit".

Kira-kira maksudnya begini: orang boleh mempunyai ambisi setinggi apapun, tetapi harus jelas. Menetapkan langit sebagai batas akan mendorong orang untuk lupa diri, serakah dan korup.

Setyono-isme (4)
"First thing first"

Rasanya begini ceritanya:
Anda harus selalu mempunyai sesuatu untuk dikerjakan. Jika kesulitan untuk menentukan prioritas, maka kerjakan apa yg sudah dihadapan anda 

Setyono-isme (5)

"It is not the end of the world" (kemudian saya kembangkan menjadi "gleaming theorem")

Ada kalanya seseorang mengalamai situasi yang sangat sulit dan merasa semuanya gelap. Pak Setyono selalu mengatakan bahwa itu bukan kiamat. Ketika seseorang menghadapi persoalan yang sangat rumit, maka carilah secercah cahaya, betapapun kecilnya. Dan mulailah dari sana untuk melihat apa yang ada dibalik cahaya tersebut dan seseorang tersebut selalu akan mendapatkan situasi yang lebih terang dan lebih mengandung harapan. (dalam bahasa statistiknya begini: jika peneliti mendapatkan bahwa tidak satupun hasil analisisnya yang signifikan, maka itu bukan berarti penelitiannya gagal. Anda harus dapat bergerak mulai dari non-significancy, dan kalau perlu bergerak dari sudut infeasibility, dan kemudian meraih tingkat yang optimal)

Setyono-isme (6)
"Keep yourself updated to the context"

Pak Setyono rajin sekali bersilaturahmi. Beliau tidak peduli apakah yang dikunjungi lebih tua atau jauh lebih muda. Dari silaturahmi seperti itu selain memelihara kepedulian sesama, pak Setyono selalu memperoleh pemutakhiran informasi dan isu yang berkembang. Dengan pemutakhiran itu beliau selalu mampu memaksimumkan kontribusi pikiran-pikirannya secara tepat konteks. Beliau mengatakan: “jika anda merasa tidak mampu memberikan kontribusi karena isu yang diahadapi [sic] ada diluar bidang keilmuan anda, berikan kontribusi berdasar sesor [sic] rasio yang anda miliki. Tetapi, gunakan sensor anda pada konteks yang pas. Sensing selalu mampu menjadi salah satu means untuk memvalidasi fakta, simpulan, dan konsep yang ditawarkan”.

Setyono-isme (7)
"Write what others give you in gold ink, but write what you gave to others on the sand"

Gus, tugas utama di dalam hidupmu adalah just contributing. Memberi yang terbaik darimu untuk banyak orang. Jangan pernah sekalipun menghitung-hitung sudah berapa banyak yang telah kamu sumbangkan untuk banyak orang. Jaga benar bahwa kamu selalu meminimumkan kata “saya” atau “aku” jika menyampaikan hasil kerjamu, karena kamu tidak mungkin menyelesaikan tugas apapun sendirian, tanpa bantuan orang lain. Kalau toh kamu terdorong untuk mencatat kontribusimu, maka tulislah diatas pasir, yang akan hilang ketika angin berhembus. Tetapi berikan penghargaan setinggi-tingginya kepada apapun yang telah orang berikan kepadamu, tidak peduli sekecil apapun itu. Tulislah dengan tinta emas dihatimu.

 



* bagi anda yang belum bergabung dengan milis FOREST_GAM, silakan buka link ini http://hairicipta.blogspot.com/2012/11/milis-forestgam.html
*

No comments:

Post a Comment