Monday, December 31, 2012

To Do List 2013

Tahun di kalender akan segera berganti. Tahun 2012 sesaat lagi akan segera terlewati, nasibnya akan sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Ditinggalkan namun tak dilupakan, karena akan selalu ada catatan tentang apapun di tahun yang ditinggalkan. Di tahun 2013, orang hanya akan mengatakan tahun 2012 sebagai tahun lalu. Namun berpuluh-puluh tahun ke depan,  orang akan menganggap tahun 2012 dan 2013 sebagai tahun yang sudah terlampau lama dilewati. Waktu akan terus berlalu dengan penuh ketidakpastian, namun ada satu hal yang pasti: kita tidak akan pernah tahu kapan nafas kita berujung. 

Ini waktunya saya merumuskan kembali apa yang harus dilakukan di tahun 2013. Pencapaian untuk to do list 2012 nampaknya tidak terlalu bagus. Banyak hal yang belum dapat diselesaikan dengan baik dan ada juga yang malah terabaikan. Ya.. berharap to do list 2013 bisa dijalankan dengan penuh komitmen.



Berikut ini adalah to do list 2013:


1. Praktek Umum Pengelolaan Hutan Lestari (PU-PHL)

Praktek ini merupakan praktek yang wajib diikuti oleh mahasiswa Fakultas Kehutanan yang telah menempuh minimal 100 sks dan telah lulus mata kuliah prasyaratnya. Lokasi pelaksanaan praktek ada di Ngawi, Jawa Timur dan dilaksanakan pada bulan Januari hingga Februari.
Sebenarnya saya bisa saja untuk melaksanakan pada Juli-Agustus tahun 2012. Tetapi pada to do list 2012 saya sudah mencantumkan KKN sebagai prioritas utama. Tantangan untuk bulan Januari-Februari adalah hujan yang nampaknya masih sering mengguyur tanah Jawa.

2. Praktek Industri Hasil Hutan

Praktek ini merupakan praktek yang wajib diikuti oleh mahasiswa bagian Teknologi Hasil Hutan (THH). Lokasi pelaksanaan praktek adalah perusahaan-perusahaan yang mengolah bahan baku dari hasil hutan.  Mahasiswa boleh melakukan praktek secara perorangan atau membuat kelompok maksimal 5 orang. Rekan saya yang lain adalah Umi Farah, Arisandi, Mindoro dan Rudy.
Perusahaan yang menjadi tempat praktek tergantung dari pilihan mahasiswa dengan persetujuan dosen pembimbing akademik masing-masing. Waktu pelaksanaan praktek minimal adalah 2 minggu. 
Kali ini kelompok saya memilih PT. Idestudio yang berlokasi di Jalan Parangtritis, Bantul.

3. Menyelesaikan proposal judul skripsi

Ini salah satu hal yang harusnya diselesaikan tahun 2012. Namun karena berbagai alasan, proposal ini belum bisa dituntaskan. Untungnya penelitian tetap bisa dicicil duluan. Topik yang akan diangkat pada penelitian skripsi yang saya lakukan adalah tentang komponen kimia kayu yemane (Gmelina arborea) yang berasal dari biji dan yang berasal dari trubusan (tunas pada tonggak yang tersisa setelah pohon ditebang). Kayu yang digunakan sebagai sampel adalah kayu yang saya peroleh dari salah desa di Bojonegoro. 
Terima kasih Indah Sulistiyowati yang telah rela menebang pohon yemane/kayu kertas untuk dijadikan sampel penelitian saya. 

4. Menyelesaikan proposal penelitian skripsi

Ini adalah tahapan yang harus dilakukan ketika proposal judul skripsi sudah disetujui oleh komisi skripsi di THH. 

5. Memakai toga pada bulan November 2013

Anda tentu tahu maksudnya. Yeah, saya berharap bisa wisuda di bulan November tahun 2013. Saat ini saya sudah mulai  mengupayakannya.

6. Menulis ulang skripsi untuk dimasukkan ke jurnal ilmiah

Nampaknya menjadi hal yang membanggakan jika karya kita diakui oleh dunia ilmiah baik nasional maupun internasional. Saya akan mencobanya, semoga saja skripsi yang saya tulis ulang nanti bisa diterima di jurnal ilmiah.


7. Membuat ensiklopedia kehutanan berbasis blog atau website

Proyek ini sebenarnya sudah hampir launching di tahun 2012. Namun karena 1 dan lain hal, proyek ini belum bisa direalisasikan. Beberapa bulan yang lalu saya sempat menggelindingkan gagasan di FOREST_GAM agar Fakultas Kehutanan lebih terbuka dalam mem-publish karya-karya ilmiahnya melalui internet. Selama ini, jika saya browsing,  kebanyakan karya-karya ilmiah yang ada berasal bukan berasal dari Fakultas Kehutanan UGM. Bagi saya sendiri mungkin tidak terlalu bermasalah, karena saya masih bisa mengakses  perpustakaan yang berlokasi di kampus. Namun, sangat disayangkan non-civitas academica Fakultas Kehutanan UGM belum bisa mengakses karya-karya UGM yang bisa jadi sangat penting untuk pengembangan IPTEK. 

Para alumni di FOREST_GAM pun mendukung gagasan ini. Salah seorang dosen mengatakan bahwa sebenarnya Fakultas Kehutanan UGM sudah punya sarana untuk mempublikasikan namun belum ada persetujuan dari pihak yang berwenang memutuskan.


Selain itu, di dalam ensiklopedia kehutanan, saya akan mencoba membuat penjelasan mengenai istilah yang biasa digunakan dalam pengelolaan hutan. 


8. Membuat forum bagi mahasiswa bagian Teknologi Hasil Hutan yang berniat melanjutkan studi master

Gagasan ini lahir dari obrolan-obrolan sedang (tidak berat dan tidak ringan) bersama Arif Dharma. Kami berdua memang memiliki keinginan yang sama untuk melanjutkan studi S2 di luar negeri. Namun kami menganggap ada beberapa hal yang masih menjadi penghalang dan jalan buntu. Oleh karena itu kami berdua menggagas sebuah forum untuk mengumpulkan mahasiswa-mahasiswa bagian Teknologi Hasil Hutan yang memiliki "niat mulia" untuk melanjutkan S2 dengan beasiswa tentunya. Paling tidak sudah ada beberapa orang yang mendukung gagasan ini, di antaranya sang Presiden IFSA Ahmad Karsidi dan si kecil Siti Fatimah.
Tujuan dari forum ini antara lain:
-sharing mengenai info-info beasiswa
-sharing mengenai persiapan yang harus dilakukan
-saling memotivasi 

9. Belajar bahasa Jerman

Belajar bahasa bukan lagi hal yang istimewa namun sudah menjadi kebutuhan. Di tengah globalisasi yang semakin nyata, nampaknya bukan hal yang salah jika kita mulai belajar bahasa lain, di luar bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan juga di luar bahasa Inggris. Tentu saja motivasi utama saya adalah keperluan melanjutkan studi master.

10. Membuat buku pertama

Membaca sudah jadi kebutuhan dan kewajiban saya. Sudah saatnya saya memasuki tahap berikutnya, yaitu menulis buku yang bisa dibaca banyak orang. 

11. Tetap berusaha untuk menulis untuk media massa

Alhamdulillah di tahun 2012, dua tulisan saya sudah terbit di media massa. Tulisan pertama berhasil dimuat karena saya telah menghasilkan satu artikel saat mengikuti training kepenulisan yang diadakan oleh koran lokal Jogja. Tulisan kedua merupakan reportase yang saya buat dari acara Pendidikan Lingkungan yang diadakan oleh LEM Fakultas Kehutanan UGM. 
Semoga saja di tahun 2013, tulisan saya bisa dimuat lagi di media massa.

12. Entri di blog minimal  70

Entri to do list ini merupakan entri saya yang ke-50 untuk tahun 2012. Hal ini sesuai dengan target yang saya canangkan. Semoga tahun 2013 saya bisa menyelesaikan 70 entri blog.

13. Foto minggu ini

Walaupun saya bukan fotografer handal, saya berharap tiap pekan saya bisa bisa memilih satu saja foto terbaik. Nantinya ketika seluruh foto itu terkumpul, saya bisa menjilidnya menjadi sebuah album yang berisi berbagai perisitiwa dalam satu tahun. 

14. Koran Dinding tentang Islam

Saya berencana membuat koran dinding yang berisi tentang wawasan keislaman. Untuk merealisasikannya, saya akan bekerjasama dengan Arif Rokhman dan Agung Perbowo.

Sebenarnya banyak hal lagi yang bisa saya lakukan di tahun 2013, seperti menghidupkan iGreen Discussion lagi, temu Forester Bloger Community. Namun untuk sementara 14 to do lists di atas nampaknya akan jadi prioritas utama.


No comments:

Post a Comment