Wednesday, October 9, 2013

Jurnal Ilmiah Internasional Gratis, Mau?

Bukan mahasiswa namanya kalau tak pernah punya atau baca referensi untuk kegiatan perkuliahan. Entah itu diktat perkuliahan, buku teks, atau sekedar print-out dari presentasi powerpoint sang dosen (paling minimal dan memprihatinkan). Namun tentu saja itu belum cukup. Perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat pesat, menjadikan jurnal-jurnal ilmiah menjadi salah satu tambahan bacaan bagi mahasiswa. 

Jurnal-jurnal ilmiah (seharusnya) bisa diperoleh di perpustakaan. Setiap bidang ilmu pasti memiliki jurnal ilmiah sendiri. Sehingga di dalam perpustakaan harusnya kita akan menemukan banyak judul jurnal dengan banyak paper di dalamnya. 

Perkembangan teknologi informasinya, menjadikan pencarian jurnal-jurnal ilmiah menjadi semakin mudah. Baik itu jurnal ilmiah yang berbahasa Indonesia maupun jurnal ilmiah skala internasional yang kebanyakan berbahasa inggris. Namun sayangnya, tidak jarang jurnal tersebut belum kita baca karena kita harus terlebih dahulu membelinya, terutama jurnal ilmiah internasional. Bayangkan saja jika kita harus membayar 35$ untuk satu buah paper (camkan! satu buah paper bukan 1 buah jurnal). Itu pun belum tentu paper yang kita butuhkan. Semisal ketika kita ingin mengunduh jurnal ilmiah internasional dari http://www.sciencedirect.comhttp://link.springer.com/, atau http://pubs.acs.org/.

Nah terus gimana dong caranya biar dapat jurnal-jurnal ilmiah internasional yang kita butuhkan namun berbayar?
Bagi mahasiswa-mahasiswa yang berada di kampus-kampus besar, barangkali cukup beruntung. Karena biasanya kampus-kampus macam UI, ITB, UGM, dan IPB sudah  mempunyai anggaran khusus untuk berlangganan jurnal-jurnal ilmiah internasional. Namun bagaimana dengan kampus-kampus biasa?
Barangkali kalau semua mahasiswa di kampus-kampus yang nggak berlangganan jurnal mempunyai teman di kampus-kampus besar, mahasiswa tersebut bisa minta tolong temannya untuk membantu mengunduh. Tapi apa iya mesti kayak gitu, itu pun belum tentu temannya mau bantu mengunduh.

Inilah barangkali yang menggerakkan Greg dan kawan dengan membuat grup facebook Akses Jurnal untuk Indonesia. Di grup itu, teman-teman yang membutuhkan jurnal tinggal membuat thread/posting jurnal apa yang mereka ingin unduh dengan melampirkan link-nya. Nah terkait siapa yang akan bantu mengunduh, ini sangat tergantung dari kemurahan hati Greg dan member-member lain yang juga bergabung di dalam grup. Jadi kadang kita nggak bisa memaksakan member lain untuk bantu mengunduh jurnal yang kita inginkan. Lebih baik ditunggu saja.

Lha, memangnya Mas Greg dan member-member lain punya akses buat unduh jurnalnya?

Mas Greg dan beberapa member ada yang sedang menempuh pendidikan di negeri orang. Di mana universitas tempat mereka menimba ilmu sangat terbuka dengan perkembangan ilmu pengetahuan sehingga sudah dipastikan berlangganan jurnal-jurnal ilmiah internasional bergengsi. Adapun member yang menimba ilmu di negeri sendiri juga tak sedikit yang berasal dari kampus-kampus besar yang berlangganan jurnal internasional. 

Nah itulah yang menjadikan grup tersebut menjadi spesial. Jadi mumpung ada kesempatan semacam ini, nggak ada salahnya untuk bergabung. Terutama jika ingin update jurnal-jurnal internasional.


Ada hal menarik yang ditulis di bagian About pada grup Fb tersebut: 

"Mau baca aja udah syukur. Apalagi mau baca jurnal :P"



No comments:

Post a Comment